UMBUL MANTEN, POTENSI WISATA LAIN DI KLATEN

http://41.media.tumblr.com/6459e2a65fb07acfc9d26fbd7e8a7071/tumblr_nw5486XIkm1sc75pwo1_1280.jpg

http://41.media.tumblr.com/6459e2a65fb07acfc9d26fbd7e8a7071/tumblr_nw5486XIkm1sc75pwo1_1280.jpg

Wisata di Jawa tidak ada habisnya untuk di eksplor lebih lanjut. Baik dari potensi wisata kuliner maupun alamnya. Salah satunya adalah Jawa Tengah, Klaten yang terkenal dengan pariwisata umbul atau mata airnya. Berbagai macam mata air dapat Anda temukan di wilayah ini khususnya di Utara Klaten. Jika Anda ingin melihat mata air sebening kaca, maka datanglah ke Umbul Manten.

Tempat ini memang belum seterkenal tetangganya yakni Umbul Ponggok. Namun akhir-akhir ini warga sekitar mulai menyadari bahwa Umbul Manten dapat menjadi potensi wisata lain di Klaten. Airnya yang sebening kaca dan suhu airnya yang cukup dingin pula menjadi daya tarik wisatawan datang ke tempat ini. Jangan heran jika orang-orang suka berfoto di dalam air saat berada di Umbul Manten. Baik foto ala-ala ataupun selfie.

http://liburmulu.com/wp-content/uploads/2016/01/Suasananya-emang-segar-dan-tentram.jpg

http://liburmulu.com/wp-content/uploads/2016/01/Suasananya-emang-segar-dan-tentram.jpg

Kesegeran dan kebeningan air disini terjaga karena bebatuan menjadi dasar dari umbul ini sehingga itu Anda  dapat melihat dasar umbul ini sangat jelas. Ukuran dari umbul ini juga tidak terlalu luas dan dalamnya hanya sekitar 1.5 meter. Selain karena airnya yang bening, umbul ini juga dikelilingi oleh pepohonan besar seperti pohon ipik sehingga Anda tidak akan merasa kepanasan. Feeling spooky memang cocok untuk tempat ini. Tetapi tenang, meskipun terlihat horor, tempat ini juga menjadi andalan masyarakat untuk berfoto-foto. Istilah Instagramable juga layak dinobatkan untuk tempat ini.

Lokasi Umbul Manten tidak sulit untuk dijangkau khususnya dari Solo dan Yogyakarta tepatnya di  Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah Waktu tempuhnya sekitar 60 menit jika menggunakan kendaraan pribadi. Biaya untuk masuk ke tempat ini pun terbilang sangat murah, hanya Rp 2.000 saja!

Karena belum seterkenal Umbul Ponggok, maka tempat ini belum dirawat secara profesional. Fasilitas dasar seperti kamar mandi belum ada di tempat ini dan hanya tersedia kamar ganti yang sederhana saja. Meskipun demikian, rasa ingin mengunjungi tempat ini tentunya tidak akan pernah surut bukan?

by York Goods

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *