MENIKMATI INDAHNYA LAUT DAN DANAU DI SATU TEMPAT

Sumber foto: www.instagram.com/monicchairul

Sumber foto: www.instagram.com/monicchairul

Kalau mendengar kata, Kota Malang, yang terbersit dibenak anda seringkali adalah Bromo, Museum Angkut, dan  Batu Secret Zoo. Padahal tidak jauh dari Kota Malang ada sebuah destinasi yang tidak kalah menarik dengan ketiga tempat tadi. Sebuah pulau yang belum banyak diketahui orang-orang dan menyimpan berbagai keindahan di dalamnya. Sebuah pulau, yang bernama Sempu.

Pulau sempu, salah satu pulau yang masih sangat dijaga keindahan dan keaslian alamnya, karena memang pulau ini merupakan cagar alam. Untuk menuju tempat ini, anda harus menyiapkan mental dan tenaga, dari Kota Malang menuju ke Sendang Biru bisa memakan waktu kurang lebih empat jam. Dan ketika sampai di Pantai Sendang Biru, anda masih harus mengurus izin menuju Pulau Sempu. Meminta izin tidaklah susah, anda cukup mendengarkan arahan dan peraturan dari pengurus serta berjanji mematuhinya, menandatangi surat izin, dan memberikan sumbangan seikhlasnya untuk perawatan cagar alam. Di kantor pengurus Pulau Sempu ini pula, anda akan ditawarkan beberapa peralatan yang bisa disewa, seperti tenda, sepatu karet untuk tracking, hingga terpal sebagai alas tenda. Semua peralatan itu dipinjamkan dengantarif yang berbeda-beda, berkisar antara Rp 40.000 – Rp 80.000.

Ketika pengurusan izin dan peminjaman peralatan selesai, anda masih harus menyebrang menggunakan kapal selama kurang lebih 15 menit. Disini anda akan dikenakan biaya Rp 150.000 perkapalnya, namun tidak perlu khawatir akan biaya kapal, karena selain muat untuk 10 orang, anda juga bisa mengajak rombongan lain untuk sharing kapal dengan rombongan anda apabila memungkinkan.

Sumber foto: www.instagram.com/monicchairul

Sumber foto: www.instagram.com/monicchairul

Setelah menyebrang dengan kapal, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Di pulau ini tidak dibangun jalan dari aspal, karena memang masih merupakan cagar alam, oleh sebab itulah medan untuk menuju Danau Segara Anakan bisa dikatakan cukup berat. Jangan takut dan heran apabila dalam perjalanan anda bertemu dengan monyet, karena memang monyet adalah hewan yang mendominasi pulau ini, selain burung, ular, dan beberapa hewan lainnya. Perlu tiga hingga lima jam berjalan kaki untuk bisa sampai di Danau Segara Anakan.

Danau Segara Anakan adalah sebuah danau yang dikelilingi dengan bebatuan karang dan juga pantai. Keindahan danau ini sungguh luar biasa. Perjalanan berjam-jam untuk menuju ke Segara Anakan ini terbayar sudah dengan pasir putih, pantai yang bersih, dan danau yang indah. Selain danau dan pantai yang menyegarkan mata, anda juga bisa naik ke atas batu karang, dan melihat laut biru di balik batu-batu karang yang tinggi. Tak heran banyak wisatawan memilih untuk berkemah di pinggir-pinggir danau ini, menghabiskan malamnya untuk beristirahat di bawah bintang-bintang, dan melanjutkan perjalanan pulang esok harinya.

Sumber foto: www.instagram.com/monicchairul

Sumber foto: www.instagram.com/monicchairul

Pulau Sempu dan Danau Segara Anakan merupakan tujuan destinasi yang tepat, sempatkanlah diri anda untuk mampir ke Pulau ini, bila sedang berlibur ke Kota Malang. Abadikan setiap momen-momen liburan anda dengan handphone ataupun kamera anda, dan jangan lupa bawa York Leather Strap sebagai teman setia kamera anda. Karena momen berharga tidak terluang dua kali diwaktu yang sama.

 

by York Goods

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *