KIAT MENGGUGAH SELERA MELALUI FOOD PHOTOGRAPHY

 

http://blog.logomyway.com/wp-content/uploads/2013/06/09.jpg

http://blog.logomyway.com/wp-content/uploads/2013/06/09.jpg

Berbicara soal tren foto, jaman sekarang tidak hanya foto landscape atau yang berbau humanties saja. Sejak kemunculan media sosial Instagram, kini tren foto semakin berkembang pesat. Salah satunya adalah food photography yang semakin banyak digandrungi oleh para pengguna media sosial ini. Bahkan, seseorang yang sangat menekuni tren foto dibidang ini pun bisa mendapatkan bayaran yang cukup besar.

http://foodportfolio.com/wordpress/wp-content/pittsburgh-food-photographer/food-photography-test-shoot-1.jpg

http://foodportfolio.com/wordpress/wp-content/pittsburgh-food-photographer/food-photography-test-shoot-1.jpg

Tidak heran jika Anda bertandang ke suatu restoran dan menemukan seseorang yang sibuk memotret makanan atau minuman yang ia pesan, maka seseorang tersebut terpengaruh oleh tren foto ini. Ya, objek foto yakni makanan itu sendiri tentunya harus memiliki nilai jual yang lebih agar terlihat menarik. Sehingga makanan yang menjadi objek tersebut biasanya adalah makanan yang sedang tren dikalangan media sosial.

http://www.mattarmendariz.com/media/original/Matt-Dani-Adam-Meal-APE.jpg

http://www.mattarmendariz.com/media/original/Matt-Dani-Adam-Meal-APE.jpg

Anda pasti berpikir bahwa untuk menekuni bidang ini, maka Anda memerlukan kamera canggih sebagai penunjang. Kenyataannya, kamera pada gadget Anda tidak kalah juga dari kamera lainnya. Kamera sebagai alat pembantu, namun feeling dan kepekaan akan angle yang baik akan menuntun Anda memiliki hasil potret yang maksimal.

Untuk memotret sebuah makanan tentunya bukan perihal mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar makanan yang menjadi objek Anda memiliki nilai estetika yang baik.

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebagai panduan Anda untuk memulai food photography.

  1. Cahaya

Dalam semua bidang fotografi, cahaya akan menjadi hal terpenting dalam mengambil gambar. Cahaya yang natural seperti cahaya matahari bisa Anda pergunakan untuk memberi kesan cerah yang alami dan tidak terlihat seperti menggunakan cahaya buatan pada hasil foto Anda. Terlebih, jika Anda hanya menggunakan kamera gadget saja. Biasanya, cahaya matahari akan memberikan reflektor yang dapat Anda gunakan juga sebagai efek pada foto Anda.

  1. Angle dan Styling
http://digital-photography-school.com/wp-content/uploads/2014/05/01_Tip01_45_vs_90_Cupcakes.jpg

http://digital-photography-school.com/wp-content/uploads/2014/05/01_Tip01_45_vs_90_Cupcakes.jpg

Penentuan angle foto yang baik tentunya akan menghasilkan foto yang baik pula. Sama dengan cara penataan makanan yang tepat. Food photography bertujuan agar para penikmat foto tersebut juga ikut tergiur terhadap makanan yang menjadi objeknya. Ini bukan perkara mudah. Jika salah angle sedikit saja, bisa jadi seseorang akan kehilangan nafsu makannya. Maka itu, Anda harus bisa mengeksplorasi sudut-sudut mana saja yang dapat mengunggah pikiran orang-orang agar tergiur dan penataan yang menarik juga. Seperti pada foto dibawah ini, kita bisa  melihat dua angle yang berbeda dengan produk dan letak yang sama, namun terlihat berbeda.

 

  1.  Pilih Aplikasi Edit yang Tepat
    Hasil foto yang didapat tentunya tidak semerta-merta langsung diperlihatkan kepada publik. Apalagi, jika Anda berniat untuk mengunggahnya ke Instagram. Proses editing haruslah Anda lalui agar foto yang kurang maksimal dapat dimaksimalkan jauh lebih baik lagi. Banyak sekali aplikasi photo editing yang bisa Anda gunakan khususnya pada gadget Anda. Sesuaikan dengan filter-filter yang sesuai dengan selera Anda. Snapseed dan VSCO dapat menjadi rujukan bagi Anda. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihannya tersendiri maka kembali lagi, banyaklah mencari refrensi aplikasi yang mudah dan baik untuk digunakan.

    http://www.photomanhattan.com/v/vspfiles/images/studentimages/photos/Vlad%20Pudovkin%20Food%20Photo.jpg

    http://www.photomanhattan.com/v/vspfiles/images/studentimages/photos/Vlad%20Pudovkin%20Food%20Photo.jpg

Banyak yang menilai bahwa memotret makanan adalah sesuatu pekerjaan yang mudah. Tapi jangan salah, memotret makanan sesungguhnya juga perlu kemahiran yang tidak main-main. Jika dibilang semua orang bisa memotret makanan, maka jawabannya adalah iya. Namun, apakah semua hasil potretannya bisa membuat seseorang menjadi tergoda untuk membeli makanan atau minuman tersebut? Belum tentu.

by York Goods

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *