BENINGNYA AIR LAUT BIRU DI PULAU LATONDU

 

https://mprito.files.wordpress.com/2014/06/1403221160304.jpg

https://mprito.files.wordpress.com/2014/06/1403221160304.jpg

Semua orang pasti setuju kalau Indonesia dinobatkan sebagai harta karunnya surga di dunia. Bagaimana tidak? Dari Sabang sampai Merauke, negara ini selalu menyimpan berbagai macam keindahan alamnya yang tidak mampu dikalahkan oleh negara lain. Kali ini, salah satu surga di Indonesia berada di wilayah Sulawesi Selatan yakni Pulau Latondu.

 

https://mprito.files.wordpress.com/2014/06/wpid-wp-1401751452750.jpeg

https://mprito.files.wordpress.com/2014/06/wpid-wp-1401751452750.jpeg

Di tempat ini, Anda akan dibuat takjub oleh wisata lautnya yang sungguh asri. Hamparan luas air laut bewarna biru bening akan yang menjadi andalan di pulau yang termasuk dalam Taman Nasional Laut Takabonerate. Potensi wisata lautnya tidak kalah jauh dengan apa yang ada di Raja Ampat di Papua atau Taman Nasional Laut Bunaken di Manado. Hampir sebagian besar biota laut seperti terumbu karang di perairan ini masih sangat terawat karena belum terjamah oleh banyak orang. Rasa ingin langsung nyebur ke dalam laut pulau ini pun pasti sulit untuk ditahan.

Jika Anda memiliki hobi menyelam, maka pulau ini sangat pas untuk Anda. Tidak perlu diragukan lagi, spot diving di pulau ini memiliki tingkat visibiltas hampir 100% jernih. Berbagai biota laut dapat dengan mudah ditemukan disini. Perbatasan antara laut dangkal dan laut dalam dipenuhi oleh soft coral dan hand coral yang sangat cantik. Saking jernihnya air laut disini, ketika Anda menyelam hingga 35 meter saja lautan masih terlihat sangat terang karena sinar matahari yang mudah tembus kelautan. Jika beruntung, maka Anda akan menemukan Hiu di spot menyelam Anda. Di dinding karang pun Anda dapat menemukan biota laut seperti gurita, teripang, sea fan, hingga aneka sponge.

http://1.bp.blogspot.com/-4nrahAJNmdI/VdrahWxbs5I/AAAAAAAAP3g/dS34EnZj83M/s1600/DSCN2590.JPG

http://1.bp.blogspot.com/-4nrahAJNmdI/VdrahWxbs5I/AAAAAAAAP3g/dS34EnZj83M/s1600/DSCN2590.JPG

Selain dapat menikmati pemandangan air lautnya yang sebening kristal, di dalam pulau ini juga terdapat konservasi untuk hewan laut yang sudah semakin langka yaitu penyu. Jenis penyu sisik adalah yang paling banyak dilestarikan disini. Anda bisa menemukan banyak tukik disini terutama saat musim penyu bertelur. Tukik-tukik tersebut ditempatkan di kolam rawat milik konservasi hingga siap untuk dilepas kembali ke lautan. Penduduk disini sangat menjaga kelestarian laut mereka.

Profesi sebagai nelayan adalah yang paling dominan di masyarakat Pulau Latondu. Tak heran jika Anda menemukan berbagai macam jenis ikan yang sedang dijemur saat Anda berkeliling pulau ini. Biasanya ikan-ikan tersebut akan dijadikan sebagai ikan asin. Bahkan tidak hanya ikan saja, para nelayan juga menangkap teripang hingga belut moray yang berbahaya. Bayangkan betapa berani dan hebatnya para nelayan di Pulau Latondu ini.

http://1.bp.blogspot.com/-AJvSKJTtfek/ViNf8vmVOPI/AAAAAAAAQVA/11cmkkGnuFk/s1600/Pulau%2BLatondu%2BTakabonerate%2B%252827%2529.jpg

http://1.bp.blogspot.com/-AJvSKJTtfek/ViNf8vmVOPI/AAAAAAAAQVA/11cmkkGnuFk/s1600/Pulau%2BLatondu%2BTakabonerate%2B%252827%2529.jpg

Anda tidak perlu khawatir akan keramahan penduduk disini. Mereka terkenal akan keramahanan dan kerendahan hatinya. Anda pun bisa menikmati kesegaran kelapa muda yang langsung dari batok kelapanya sambil bercengkrama dengan penduduk disana. Bersantai sambil menikmati hamparan laut biru lepas, matahari terbenam, dan canda tawa penduduk lokal menjadi hal priceless yang Anda dapatkan. Tentu banyak spot foto menarik disini sehingga Anda tidak boleh lupa untuk mengabadikan betapa indahnya pesona pulau yang wajib Anda kunjungi jika sedang berada di wilayah Sulawesi Selatan

by York Goods

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *