APA YANG HARUS DILAKUKAN SAAT MELAKUKAN NIGHT PHOTOGRAPHY

http://stephenoachs.com/photos/slideshow/ss-bay-bridge-pano.jpg

http://stephenoachs.com/photos/slideshow/ss-bay-bridge-pano.jpg

Ada tantangan tersendiri dalam menekuni fotografi malam hari atau lebih sering dikenal dengan istilah night photography. Bagaimana tidak? Memotret suatu objek pada malam hari tentunya tidak semudah dijalankan pada pagi ataupun siang hari. Cahaya pasti jauh lebih minim sehingga fotografer ditantang untuk mencari angle dan porsi pencahayaan yang tepat.

 

http://digital-photography-school.com/wp-content/uploads/flickr/8705867109_46d0f4dc0b_z.jpg

http://digital-photography-school.com/wp-content/uploads/flickr/8705867109_46d0f4dc0b_z.jpg

Meskipun terbilang cukup sulit, namun karena kata sulit itu lah yang akan membuat tantangan tersendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Night photography tidak hanya dapat dijalankan oleh yang sudah tergolong pro saja, bagi Anda para pemula juga dapat melakukan jenis fotografi ini.

 

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan khususnya bagi para pemula. Kiat-kiat untuk melakukan night photography tidak sesederhana jenis fotografi lainnya. Banyak persiapan yang harus dilakukan, tetapi beberapa tips ini bisa Anda coba untuk memulai night photography.

  1. Menggunakan Tripod
    http://media.digitalcameraworld.com/wp-content/uploads/sites/123/2012/02/night-photography-tips-remote.jpg

    http://media.digitalcameraworld.com/wp-content/uploads/sites/123/2012/02/night-photography-tips-remote.jpg

Dengan menggunakan tripod, maka Anda akan mendapatkan hasil foto yang tajam. Pasalanya, minim cahaya akan menjadi masalah utama Anda dan karenanya slow shutter speeds lah yang menjadi andalannya. Kurang lebih 1 sampai 30 detik. Terbilang cukup lama memang, maka dari itu tripod adalah solusi untuk Anda agar gambar tidak goyang dan foto yang dihasilkan akan fokus dan tajam.

  1. Pilih Lokasi yang Tepat

Pilihlah lokasi yang menurut pengelihatan Anda sangat bagus sehingga hasilnya tidak akan membuat Anda kecewa. Ada banyak lokasi yang dapat Anda gunakan sebagai objek untuk night photography. Anda bisa memilih kehidupan kota saat malam hari dengan lampu-lampu yang gemerlap, kemacetan, atau lalu lintas mobil di Ibu Kota. Lampu bisa dijadikan objek atau unsur pembantu Anda dalam menangkap momen saat malam hari.

  1. Pengaturan Night Photography

Ketika memotret pada malam hari, ada baiknya jika Anda menggunakan mode manual dibandingkan dengan otomatis. Mengapa? Karena Anda dapat bebas mengatur slow shutter speed dan best narrow aperturenya. Anda dapat memulai dengan memfokuskan bidikan Anda dan atur narrow aperture-nya menjadi f/16. Kemudian Anda dapat menyambungkan dengan shutter yang benar sampai tanda Exposure Level Anda tepat berada di tengah dari indikator Exposure Level tersebut.

http://www.slrphotographyguide.com/camera/settings/images/15secondshutter.jpg

http://www.slrphotographyguide.com/camera/settings/images/15secondshutter.jpg

Masih terdapat banyak tips untuk para pemula dalam memulai night photography. Tidak ada salahnya untuk mencoba-coba terlebih dahulu dengan ketiga tips di atas. Pastikan kepekaan mata Anda terhadap objek juga sangat mendukung dalam pengambilan gambar yang bagus dan maksimal.

One thing you want to do in your photography is play to the strengths of how cameras see the world in ways that are different from how humans see it. Pick up a camera at night and because you can do long exposures, you’ll see the world in a way you never see it other than in pictures.” – Reed Hoffmann

 

by York Goods

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *